Sunday, 22 Jul 2018

7 Alasan Mengapa Cuci AC Harus Dilakukan Secara Rutin

Banyak orang yang sudah memiliki AC namun belum tahu alasan mengapa cuci AC itu perlu dilakukan. Karena sebagian besar orang juga belum tahu akibat yang akan terjadi jika AC yang dimiliki tidak dirawat. Nah artikel berikut akan membahas tentang alasan mengapa Anda harus rutin merawat AC yang Anda miliki.

1. Prinsip kerja AC mensirkulasikan udara
Alasan yang pertama ini karena prinsip kerja AC yang mensirkulasikan udara yang ada di dalam ruangan. Udara panas yang ada di ruangan akan dihisap oleh indoor AC yang dibantu oleh Kipas FAN. Pada saat proses penghisapan partikel kecil pun akan ikut terhisap.
Saat debu terhisap, debu akan menempel pada filter dan evaporator. Jika debu yang menempel pada filter dan evaporator tidak segera dibersihkan, maka kinerja AC akan turun dan menyebabkan AC tidak ingin saat dinyalakan.

2. Mencegah kerusakan AC
Melakukan pembersihan AC sangatlah penting, pembersihan ini dilakukan minimal 3 bulan sekali agar AC yang dimiliki lebih awet dan tidak mudah rusak. Karena AC selalu dalam kondisi bersih dapat membuat kerja mesin lebih ringan. Karena saat AC telah rusak pastinya akan banyak biaya yang dikeluarkan untuk memperbaikinya.

3. AC yang kotor
Seperti yang telah disebutkan pada bagian prinsip kerja AC, debu yang menempel pada filter akan membuat AC menjadi lebih cepat rusak jika tidak rutin dirawat atau melakukan service. AC yang kotor juga akan membuat komponen AC-nya tidak bekerja secara maksimal dan akan membuat beberapa komponen terhambat.

4. Jenis alat elektronik yang perlu dirawat
Semua Jenis alat elektronik pastinya perlu akan perawatan. Begitu juga AC, jika alat elektronik tidak dirawat maka akan lebih cepat mengalami kerusakan. Entah itu perawatan dari dalam atau luar. Peralatan dari luar misalnya membersihkan filter AC-nya, dan komponen-komponennya.

5. Dapat menumbuhkan bakteri
Bagian dalam mesin AC yang lembap akan mudah sekali tumbuh jamur dan mudah terkontaminasi oleh bakteri serta kuman. Tidak hanya bagian dalam mesinnya saja, Anda juga harus mengecek bagian sisi permukaannya juga sering tumbuh lumut. Ini merupakan faktor yang menyebabkan AC cepat rusak. Jadi maksimalkan perawatan AC.

6. Menyebabkan alergi
AC yang jarang dibersihkan juga bisa menyebabkan alergi pada sebagian orang yang bekerja di dalam ruangan ber-AC tersebut. Misalnya menyebabkan influenza radang tenggorokan, dan penyakit pernafasan. Karena AC yang kotor akan memperparah udara yang dihirup oleh Anda dan akan mengakibatkan alergi serta gangguan pernafasan.

7. Menimbulkan karat pada komponen
Udara lembap yang dihasilkan AC akan mempercepat komponen terkena karat. Karena udara dingin dari freon dan kondensasi udara yang dingin akan menimbulkan korosi. Untuk menghindari hal tersebut maka Anda harus menghubungi jasa service.

Tidak peduli sering tidaknya AC dipakai jika tidak dirawat secara rutin akan menyebabkan kerusakan pada komponennya. Setelah Anda tahu mengapa AC Anda harus dirawat, pastikan Anda tidak lalai untuk mencucinya. Serta jangan segan-segan memanggil teknisi jika AC yang digunakan mengalami masalah.

7 alasan mengapa cuci AC itu perlu akan membuat Anda lebih rutin lagi merawat AC yang dimiliki. Anda juga bisa menghubungi jasa service AC, atau kunjungi www.sejasa.com yang menyediakan jasa service AC bagi Anda yang belum melakukan perawatan AC selama 3 bulan sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX5B3A6433BEB9A