Wednesday, 17 Oct 2018

5 Jenis Makanan Penyebab Keputihan Wanita dan Cara Mengatasinya

5 Jenis Makanan Penyebab Keputihan Wanita dan Cara Mengatasinya

Keputihan merupakan reaksi alami tubuh agar vagina terlindungi dari berbagai kuman. Tapi, keputihan wanita juga ada yang tidak normal, terutama jika warnanya bukan putih, berbau, dan gatal yang kadang bisa dipicu oleh makanan. Oleh karena itu, Anda perlu tahu makanan-makanan berikut yang menjadi penyebabnya keputihan berikut cara mengatasinya.

Mentimun

Di antara makanan penyebab keputihan lainnya, Anda tentu sering mendengar wejangan untuk menghindari sayuran yang satu ini. Meski terasa menggoda dan menyegarkan saat dibuat lalap, sebaiknya Anda tidak berlebihan dalam mengonsumsi mentimun, apalagi saat datang bulan atau beberapa hari menuju jadwal datang bulan.

Hal ini dikarenakan adanya zat atau senyawa tertentu di dalamnya yang bisa meningkatkan produksi estrogen dalam tubuh. Kadar estrogen ini berbanding lurus dengan kadar lendir di vagina, makin banyak hormone estrogen, maka makin banyak pula lendir keputihannya.

Telur

Diolah dalam bentuk apapun, telur yang kaya protein hewani ini memang enak untuk dikonsumsi. Sayangnya, selain kolesterol, telur juga menjadi salah satu penyebab meningkatnya produksi lendir keputihan, terkecuali bagi yang jarang keputihan. Sebaiknya, telur yang Anda konsumsi tiap harinya tidak melebihi 3 butir.

Gula

Selain asin, pilihan utama makanan adalah manis, pedas, dan asem. Nah, untuk rasa manis yang notabene berasal dari gula, baik iu saat menyeduh teh, kopi, ataupun dalam kue manis, sebaiknya kurangi takarannya. Selain diabetes, ternyata gula juga menjadi penyebab keputihan wanita.

Tape Singkong

Makanan yang satu ini memang digandrungi oleh orang tua. Tapi, saat diolah menjadi kolak atau campuran dalam es campur, siapapun pasti menyukainya. Tapi, jika dikonsumsi berlebihan tape singkong juga bisa meningkatka produksi lendir dalam vagina. Anda msih diperbolehkan mengonsumsinya, asalkan jangan berlebihan.

Softdrink

Selain makanan, minuman juga menjadi pemicu keputihan pada wanita. Rasa manis dan beragam pilihan warna dari minuman kemasan ini memang sangat menarik, apalagi jika telah didinginkan dan diminum saat cuaca panas. Tapi, Anda perlu waspada karena pemanis dan pewarn di dalamnya bisa menyebabkan kuman di vagina makin tumbuh subur.

Jadi, mulai saat ini sebaiknya jaga asupan Anda, terutama untuk kelima makanan dan minuman tersebut. Jika terlanjur memiliki keluhan pada keputihan yang Anda alami, konsultasikan ke KLINIKPANDAWAJAKARTA.COM yang mampu memberi solusi terbaik dlam mengobati berbagai kasus penyakit kulit, kelamin, dan organ reproduksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *