Sunday, 18 Nov 2018

Agar Tidak Tertipu, Ini 7 Cara Aman Membeli Tanah Sebagian

Agar Tidak Tertipu, Ini 7 Cara Aman Membeli Tanah Sebagian

Anda berencana membeli tanah atau lahan kosong guna membangun rumah atau hanya sekedar untuk investasi namun ragu bagaimana caranya membeli tanah agar tidak tertipu. Banyak orang yang langsung tergiur saat anda orang lain menawarkan sebuah tanah dengan harga yang murah dan langsung membelinya tanpa tahu asal-usul tanah tersebut yang ujung-ujungnya bukannya memberikan keuntungan bagi anda tapi malah akan merugikan anda. Para penjual tanah akan memanfaatkan ketidaktahuan anda dalam tanah untuk menjual tanahnya baik dengan harga yang murah maupun dengan harga yang mahal tetapi banyak kelemahan yang tertera pada tanah tersebut.

Untuk itulah, sebelum anda membeli sebuah tanah atau lahan kosong, anda harus mengetahui dengan jelas segala sesuatu yang berkaitan dengan tanah agar tidak merugikan anda. Banyak hal yang perlu anda timbang sebelum membeli sebuah tanah dari orang lain agar tidak tertipu dengan judul jual tanah murah yang anda temukan dalam internet maupun yang orang lain tawarkan. Bagaimana cara untuk mengetahui tanah tersebut aman dan terpercaya? Simak saja ulasan berikut.

Mengetahui kondisi tanah

Sebelum membeli sebuah tanah dari orang lain maupun dari situs jual beli tanah yang ada di internet, anda sebaiknya terlebih dahulu mengecek bagaimana kondisi tanah tersebut. Kondisi tanah harus di cek untuk menghindari kerugian akibat tanah yang tidak sesuai dengan keinginan anda dan justru akan membuat ketidaknyamanan saat digunakan membangun rumah atau bangunan. Anda harus terlebih dahulu mengetahui jenis tanah yang dijual, jenis tanah mempengaruhi kualitas air tanah yang dihasilkan. Selain itu, diusahakan untuk membeli tanah yang jauh dari pabrik atau jalur listrik bertekanan tinggi untuk menghindari kerugian dikemudian hari.

Dekat dengan fasilitas umum

Tanah yang dekat dengan fasilitas umum, pada dasarnya akan memiliki harga jual yang tinggi. Namun tidak mengherankan, karena dekat dengan fasilitas umum yang ada dan akses ke fasilitas umum tersebut mudah dan dekat. Perhatikan fasilitas umum yang ada disekitar lokasi tanah, apakah dapat dengan fasilitas jalan raya utama, sekolah, rumah sakit atau puskesmas atau dekat dengan lokasi pemberhentian kendaraan umum.

Status tanah

Status tanah sangat penting saat anda hendak membeli tanah. Banyak orang tertipu dengan harga tanah yang dijual dengan murah namun asal usul tanah tidaklah jelas. Sebelum membeli tanah, pastikan bahwa tanah tersebut memiliki sertifikat resmi atau asli atas nama pemilik atau penjual tanah yang asli. Selain itu, hindari tanah yang dalam kondisi dalam persengketaan, tanah sitaan, tanah jaminan, atau tanah warisan yang masih belum jelas kepemilikannya. Anda juga bisa meminta bantuan notaris setempat untuk mengecek status tanah tersebut, dan tentunya dengan biaya namun anda akan dijamin keamanan dan kenyamanan dalam membeli tanah tersebut. Jangan mudah tergoda dengan judul jual tanah murah dari para makelar tanah yang anda temui.

Lokasi tanah

Dalam membeli tanah, lokasi tanah harus anda perhatikan agar tanah yang dibeli dapat mendatangkan keuntungan kedepannya. Lokasi tanah yang strategis akan memberikan banyak keuntungan bagi anda, terlebih lagi tanah tersebut nantinya digunakan untuk membangun sarana umum yang nantinya dapat dikunjungi semua orang. Lokasi tanah juga harus di ketahui oleh pembeli untuk mengetahui apakah tanah tersebut merupakan tanah yang sering dilanda bencana alam seperti banjir, tanah longsor, gempa, atau keretakan akibat getaran. Sara umum disekitar tanah juga mendukung harga jual tanah, semakin banyak fasilitas umum yang tersedia, semakin menguntungkan bagi anda.

Negosiasi jual beli tanah.

Terkadang harga tanah yang dijual tidak sesuai dengan kondisi keuangan pembeli tanah, oleh karena itu negosiasi dalam jual beli tanah tersebut. Anda bisa melakukan negosiasi dengan penjual setelah mengamati tanah yang hendak anda beli dan menemukan beberapa kekurangan dalam tanah tersebut. Negosiasi dapat dilakukan dengan catatan, kekurang dalam tanah tersebut nyata dan bukan penipuan.

Prosedur jual beli yang benar

Proses jual beli tanah tidak hanya sekedar menjual tanah kemudian anda membayarnya setelah mengecek kondisi tanah dan segala macam yang lain. anda juga membutuhkan bukti-bukti yang kuat dalam proses tersebut, hal tersebut dimaksudkan untuk menghindari hal yang tidak anda inginkan dikemudian hari. Bukan hanya surat penyerahan saja yang anda butuhkan, tetapi ada saksi dan bukti lain yang lebih kuat untuk mengklaim tanah yang sudah anda beli.

Kondisi keuangan

Selain segala sesuatu terkait dengan tanah yang harus dipertimbangkan sebelum membeli, anda juga harus melihat kondisi keuangan anda. Apakah kondisi keuangan anda aman atau harus menunggu beberapa waktu sebelum anda membeli tanah tersebut walaupun anda bisa melakukan negosiasi jual tanah murah yang sesuai dengan yang anda inginkan. Kondisi keuangan anda bukan hanya biaya untuk membeli tanah tersebut tetapi biaya lain yang harus anda keluarkan setelah proses pembelian tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *