Tuesday, 11 Dec 2018

Instagram Mulai Tampilkan Timeline Kronologis Demi Kenyamanan Pengguna

Dikecam, Instagram kini mulai tampilkan timeline kronologis

Dikecam, Instagram kini mulai tampilkan timeline kronologis

Instagram sepertinya tidak akan membuat timeline kembali ke konfigurasi kronologikal lagi. Namun pasca banyak kecaman muncul soal ketidaknyamanan pengguna, kini Instagram akan menampilkan lebih banyak posting yang lebih baru, alih-alih menampilkan posting berdasarkan like seperti sekarang.

Melansir blog resmi Instagram, disebut bahwa perubahan ini akan membuat “feed akan terasa lebih segar dan tak akan melewatkan momen-momen yang Anda sukai.”

“Berdasarkan feedback yang Anda berikan, kami juga melakukan perubahan untuk memastikan bahwa posting yang lebih baru cenderung muncul pertama kali dalam feed,” tulis Instagram.

Seharusnya pasca pembaruan ini, Instagram akan memiliki timeline yang lebih cocok dengan waktu kita mengonsumsinya. Biasanya, kita sering menemukan posting berhari-hari lalu di feed, hanya karena posting tersebut populer.

Instagram sendiri beralih dari feed kronologis ke feed yang disrotir berdasarkan relevansi, pada Juni 2016 silam. Pergantian ini banyak sekali dikecam, bahkan setelah hampir dua tahun fitur ini bergulir. Memang, fitur ini membuat kita tak akan kehilangan posting dari teman-teman terdekat atau akun yang kita sukai. Namun banyak yang tidak suka timeline jenis ini karena tak bisa melihat posting terbaru dari akun-akun yang diikuti. Selain itu, melihat posting dari orang yang itu-itu saja tentu membosankan.

Fitur ini juga dikecam para konten kreator dan juga pedagang yang menggunakan Instagram sebagai platform, karena mereka seringkali kalah dengan akun Instagram yang lain dan konten mereka tersisih. banyak yang mengeluhkan kerugian bisnis pasca fitur ini berjalan.

Apakah perubahan ini akan membawa dampak ke lebih baiknya pengalaman menggunakan Instagram? Kita lihat saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *