Wednesday, 17 Oct 2018

Jangan Begadang! Ketahui 7 Efek Merugikan Karena Kurang Tidur Bagi Organ Tubuh

Jangan Begadang! Ketahui 7 Efek Merugikan Karena Kurang Tidur Bagi Organ Tubuh

Jangan Begadang! Ketahui 7 Efek Merugikan Karena Kurang Tidur Bagi Organ Tubuh

Saat kamu kecil, orang tua selalu menyuruhmu untuk tidur siang dan tidur malam awal agar kamu bisa tumbuh lebih tinggi. Dan hal ini bukanlah mitos belaka. Sebab saat kamu tidur terjadi sekresi hormon pertumbuhan dan banyak fungsi lainnya.

Sayangnya, ketika kamu beranjak dewasa, aktivitas yang segudang, stres, dan pola hidup tidak teratur membuatmu kurang tidur. Dampaknya tentu saja buruk bagi setiap organ tubuh.

Seperti dilansir dari Greatist, ini dia penjelasannya.

Otak
Ketika kamu beralih kesadaran menjadi setengah mengantuk, otak akan mengubah ingatan jangka pendek menjadi kenangan jangka panjang. Dan saat kamu kurang tidur, fungsi kognitif otak jadi rusak.

Tetap terjaga selama 20 jam ternyata setara dengan kenaikan alkohol yang masuk ke dalam darah sebanyak 0,10%. Sehingga bisa merusak organ tubuh. Kurang tidur juga bisa membuat anak-anak mengalami gejala yang sama dengan seseorang yang menderita ADHD.

Hormon
Produksi hormon ternyata bisa berhenti saat kamu kurang tidur. Itulah sebabnya kurang tidur bisa merusak kelangsungan seluruh sistem tubuh yang bergantung pada hormon.

Hidung
Sering merasa seperti flu padahal tidak sedang mengalaminya? Itu bisa jadi efek samping lain dari tidak tidur. Sebabnya saat kamu tidur, tubuh tidak memiliki waktu untuk memulihkan dirinya sendiri dengan baik.

Jantung
Sleep apnea obstruktif dan waktu tidur yang singkat berkaitan dengan kesehatan kardiovaskular yang buruk. Hal ini terjadi karena saat kamu jarang tidur, sistem metabolisme tubuh akan terpengaruh dan menyebabkan kerusakan kumulatif yang kemudian berujung dengan munculnya penyakit jantung dan diabetes.

Kulit
Tidur nyenyak mempengaruhi kesehatan kulit bukanlah mitos. Sebabnya mereka yang jarang tidur nyenyak lebih mudah mengalami penuaan dini.

Pankreas
Mereka yang sering begadang ternyata berisiko ganda untuk mengalami diabetes tipe 2.

Organ reproduksi
“Ada jumlah penurunan produksi testosteron bagi mereka yang ternyata tidak tidur secara maksimal,” ujar Noah Siegel, ahli kesehatan di Harvard Medical School. Dan penurunan produksi testosteron ini bisa berdampak pula pada menurunnya hasrat seksual.

Terlihat sepele, namun banyak orang yang mengabaikannya dan berakibat fatal pada kesehatan. Itulah tidur. Oleh karena itu sesibuk apapun kamu, jangan sampai tidak tidur ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *