Sunday, 18 Nov 2018

Tips Mengajarkan Anak Berpuasa Pertama Kalinya

Anak kecil memang belum diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Hanya anak yang sudah mengalami masa puberitas wajib untuk berpuasa. Tetapi bukan berarti, anak-anak tidak boleh berpuasa. Anda harus mengajarkan anak berpuasa sejak dini. Sehingga mereka tahu bahwa berpuasa adalah kewajiban bagi semua umat muslim. Selain itu untuk melatih tanggung jawab ke anak. Mengajarkan anak berpuasa pertama kalinya memang susah-susah gampang. Oleh karena itu, anda harus mengatasinya dengan sebaik mungkin. Inilah tips parenting untuk mengajarkan anak berpuasa.

Berikan Contoh Puasa Pada Anak

Anak selalu melakukan, apa yang orang dewasa lakukan. Oleh karena itu berikan contoh pada anak. Contohnya tentu dari diri anda sendiri. Kedua orang tua dan semua orang dewasa di rumah harus berpuasa. Anak-anak akan bertanya, kenapa harus berpuasa, mengapa tidak makan dan lainnya. Dari sinilah, anda mulai mengajarkan dan menjelaskan tentang puasa ke anak anda. Karena penasaran, dia akan mencoba untuk melakukannya. Jadi mulailah untuk memberikan contoh ke anak-anak terlebih dahulu.

Jangan Paksakan Anak Untuk Berpuasa Penuh

Jangan paksakan anak untuk berpuasa penuh seperti keinginan anda. Ini akan membuat anak trauma dan takut. Berikan kelonggaran pada anak untuk berpuasa. Anak-anak masih dalam masa pertumbuhan, dia membutuhkan asupan makan yang tinggi. Bila anak dibiarkan puasa penuh, bisa berakibat ke kesehatannya. Jadi biarkan anak berpuasa setengah hari terlebih dahulu. Apalagi ini masih puasa pertamanya.

Ajarkan anak secara berlahan, anda bisa mengajarkan beberapa jam terlebih dahulu. Lalu setengah hari dan baru menjalankan puasa penuh. Setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Jangan bandingkan satu anak dengan anak lainnya. Jika anda sering membandingkan, akan membuat anak kurang percaya diri. Tips parenting itu sering dilupakan oleh banyak orang tua.

Beri Penghargaan Pada Anak Jika Berhasil Menjalankan Puasa

Berikan penghargaan pada anak anda, jika berhasil menjalankan puasa. Terlepas dari berapa jam dia melakukan puasa. Entah itu hanya beberapa jam, setengah hari atau satu hari penuh. Dengan adanya penghargaan, akan membuat anak lebih semangat untuk menjalakan puasa. Penghargaan bukan berarti harus memberikan sebuah hadiah barang. Pujian pun bisa membuat anak semakin semangat,

Pada saat buka puasa, anda bisa menyediakan makanan kesukaan anak-anak. Tanyakan apa yang ingin dia makan. Ini akan membuat anak lebih semangat menjalankan puasa. Tetapi anda harus memastikan kesehatan anak, pastikan makanan yang disediakan mengandung nutrisi tinggi. Sediakan sayuran dan buah kesukaan anak anda. Jangan terlalu banyak konsumsi makanan manis.

Itulah tips parenting mengajarkan anak yang pertama kali berpuasa. Jangan pernah paksakan anak untuk mengikuti keinginan anda. Tetapi ajarkan sedikit demi sedikit, sehingga anak paham dengan tanggung jawabnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *